Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X SMKN 1 Darul Kamal

Syva Amalia, 170211003 (2021) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X SMKN 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Two Stay – Two Stray (Ts-Ts)]
Preview
Text (Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Two Stay – Two Stray (Ts-Ts))
Syva Amalia, 170211003, FTK, PTE, 085206736303.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran two stay-two
stray terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika siswa kelas X di SMKN 1 Darul Kamal. Penelitian ini menggunakan desai One Group Pretest-posttest, yaitu subjek diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran two stay-two stray kemudian akan diikuti dengan pengamatan pada saat penerapan dan melakukan pengukuran terhadap hasil yang di peroleh. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang diterapkan berupa Pretest sebelum diterapkannya model pembelajaran two stay-two stray dan di akhir pembelajaran akan diberikan Posttest guna melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Darul Kamal. Nilai rata-rata yang diperoleh pada saat pretest berjumlah 45,55 dan pada saat posttest berjumlah 72,22. Nilai rata-rata selisih pretest dan posttest berjumlah 26,67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pebelajaran two stay-two stray terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample test pada α = 0,05 diperoleh hasil sig(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mempunyai pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran two stay-two stray terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMKN 1 Darul Kamal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Syva Amalia Syva
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:29
Last Modified: 10 Nov 2021 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item
View Item