Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis Sainstifik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal

Nabilah Asyura, 170211006 (2021) Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis Sainstifik Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis Sainstifik]
Preview
Text (Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis Sainstifik)
Nabilah Asyura, 170211006, FTK, PTE, 085217720560.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan ketersediaan bahan ajar yang masih minim di perpustakaan khususnya untuk Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Akibat kurangnya bahan ajar mempengaruhi minat dan motivasi siswa, sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu diperlukan perancangan sebuah modul untuk membantu siswa belajar secara mandiri dengan kemampuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL) yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan 4D model (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Subjek penelitian ini ialah modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik dengan kompetensi dasar memahami instalasi penerangan 1 fasa sesuai dengan peraturan umum instalasi listrik. Modul pembelajaran instalasi penerangan listrik ditetapkan oleh hasil dari validasi bahasa, materi serta media. Sedangkan uji coba produk dilakukan pada guru mata pelajaran instalasi penerangan listrik SMK Negeri 1 Darul Kamal Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Hasil validasi dilihat pada total skor serta persentase kevalidan modul, untuk hasil dari ahli bahasa total skor 34 (85%), ahli materi 51 (85%) dan ahli media 44 (80%). Rata-rata dari hasil nilai yang diberikan para ahli yaitu 84% dan dinyatakan modul pembelajaran ini valid digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Nabilah Asyura Nabilah
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:29
Last Modified: 10 Nov 2021 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item
View Item