Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Mahasiswa/I Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Tahun 2019

Siti Kariah, 170201127 (2021) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Mahasiswa/I Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Tahun 2019. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Mahasiswa/I Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Tahun 2019]
Preview
Text (Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Mahasiswa/I Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Tahun 2019)
Siti Kariah, 170201127, FTK, PAI, 082294659862.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan wahyu ilahi yang harus disampaikan, diajarkan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan nyata. Seiring berjalanya waktu, upaya-upaya untuk menjaga kelestarian Al-Qur’an masih tetap dilakukan. Salah satunya adalah dengan didirikan Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry, kesulitan atau hambatan dalam menghafal Al-Qur’an dan solusi dari kesulitan dan hambatan mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan dilapangan terkait pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry, kesulitan atau hambatan serta solusi dari kesulitan dan hambatan bagi mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah masih kurang efektif, berdasarkan beberapa fakta yang terjadi yaitu, manajemen waktu yang masih kurang baik, kurangnya tenaga pengajar dan kurangnya motivasi menghafal. Adapun kesulitan yang dialami mahasiswa yaitu, Kurangnya kemampuan dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya kesadaran diri untuk menghafal Al-Qur’an dan tidak adanya target hafalan untuk mahasiswa itu sendiri. Adapun solusi yang diberikan dalam mengatasi kesulitan tersebut adalah memberikan bimbingan dan pembelajaran yang lebih, dalam membaca Al-Qur’an diluar jadwal yang ditentukan, memberikan motivasi menghafal Al-Qur’an dan memberikan buku storan hafalan untuk diisi sesuai waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Marzuki, S.Pd.I., M.S.I Pembimbing II : Muhibuddin, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Kariah
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:25
Last Modified: 10 Nov 2021 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item
View Item