Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah dalam Menggunakan E-Banking pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nurfairuz Umammah Lubis, 160603094 (2021) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah dalam Menggunakan E-Banking pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi  Tingkat Kepercayaan      Nasabah]
Preview
Text (Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah)
Nurfairuz Umammah Lubis, 160603094, FEBI, PS, 082230858349.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Electronik Banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah bank untuk memperoleh informasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik antara lain ATM, phone banking, SMS banking, internet banking, dan mobile banking. Namun dengan berkembangnya suatu sistem yang menggunakan sistem teknologi informasi pasti ada beberapa risiko yang muncul seperti keamanan sistem tersebut. Untuk itu sebagai peneliti ingin mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan nasabah dalam menggunakan e-banking pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosistif dan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket/kuesioner dengan populasi semua mahasiswa UIN Ar-Raniry yang menggunakan e-banking yang berjumlah 24.851 orang dan teknik pengumpulan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Dari beberapa hipotesis yang diajukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan nasabah dalam menggunakan e-banking adalah variabel orientasi teknologi, reputasi, perceived risk, nilai lebih, komunikasi dan pengendalian perilaku oportunitis dimana semua variabel berpengaruh dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah dalam menggunakan e-banking pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Secara simultan, faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nasabah dengan nilai R Square sebesar 51,7% yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Nurfairuz Umammah Lubis Iyut
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:32
Last Modified: 10 Nov 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item
View Item