Hukuman Bagi Pelaku Penyertaan Tindak Pidana Korupsi Penggelapan (Analisis Putusan No 4/Pid.Sus- TPK/2020/PN Bna dan Putusan No 55/Pid.Sus TPK/2019/PN Bna

Laila Pitri, 170106053 (2021) Hukuman Bagi Pelaku Penyertaan Tindak Pidana Korupsi Penggelapan (Analisis Putusan No 4/Pid.Sus- TPK/2020/PN Bna dan Putusan No 55/Pid.Sus TPK/2019/PN Bna. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Hukuman Bagi Pelaku Penyertaan Tindak Pidana  Korupsi Penggelapan]
Preview
Text (Hukuman Bagi Pelaku Penyertaan Tindak Pidana Korupsi Penggelapan)
Laila Pitri, 170106053, FSH, IH, 082276884611.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Dalam praktek penerapan hukum pidana mengenai kasus korupsi yang melibatkan beberapa orang secara bersama-sama di dalam mewujudkannya biasanya dikaitkan dengan teori “Penyertaan” (Delneeming) khususnya dalam bentuk turut serta melakukan (Medeplegen). Kemudian, Dalam praktek peradilan juga masih ada hakim yang membebaskan para terdakwa dari dakwaan penuntut umum dengan dasar tidak terbuktinya bentuk turut serta melakukan (Medeplegen). Dan pada proses pembuktian bentuk turut serta melakukan ini terkadang cukup sulit bagi hakim untuk menemukan siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tindak pidana tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan hukum pidana materiil terhadap penyertaan tindak pidana korupsi penggelapan dan bagaimana pertimbangan hukum oleh hakim dalam menjatuhkan hukuman pidana terhadap pelaku penyertaan tindak pidana korupsi penggelapan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode penelitian Normatif atau sering disebut dengan pendekatan kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan hukum pidana materiil terhadap penyertaan tindak pidana korupsi penggelapan putusan No 4/Pid.Sus-TPK/2020/PN Bna dan Putusan No 55/Pid.Sus TPK/2019/PN Bna. Menurut analisis penulis para terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan penyertaan tindak pidana korupsi penggelapan dan ancaman yang dijatuhkan kepada para terdakwa telah tepat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan diancam pidana dalam Pasal 372 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Pertimbangan hukum oleh hakim terhadap pelaku penyertaan tindak pidana korupsi penggelapan No 4/Pid.Sus- TPK/2020/PN Bna dan Putusan No 55/Pid.Sus TPK/2019/PN Bna juga sudah tepat, karena telah memenuhi tuntutan Penuntut umum. Sehingga para terdakwa diberi sanksi berupa hukuman pidana. Dari paparan di atas disimpulkan bahwa penerapan hukum pidana materiil dan pertimbangan hukum oleh hakim telah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan fakta-fakta hukum yang yang ditemukan di pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Laila Pitri Laila
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:26
Last Modified: 10 Nov 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item
View Item