Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang Oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh

Yowana Rizki, 150503051 (2021) Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang Oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang Oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang Oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh)
Yowana Rizki, 150503051, FAH, IP, 08126593525.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang Oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dan pemanfaatan pojok baca Gemilang di Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan yang diwawancarai terdiri dari 4 orang remaja masjid (Pengelolaan Pojok Baca), 2 orang masyarakat setempat dan 3 orang jama’ah Masjid Al-Furqan Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengelolaan pojok baca Gemilang sudah sesuai dengan prinsip manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Praktek pengelolaan pojok baca Gemilang diawali dengan kegiatan perencanaan terkait koleksi, fasilitas, anggaran operasional dan termasuk juga pengurus Pojok Baca Gemilang. Kegiatan pengorganisasian terdiri kepala pengurus dan para jajarannya yang memiliki tugas bidang keuangan, bidang pengelola koleksi dan juga bidang pengembangan Pojok Baca Gemilang itu sendiri. Kegiatan penggerakan dilakukan oleh pimpinan dengan mengkoodinir seluruh kegiatan pengelolaan. Sedangkan pada kegiatan pengawasan dilakukan dengan evaluasi terhadap kinerja dilakukan secara berkala yakni dalam setahun sekali, baik secara internal oleh pimpinan maupun eksternal dari pihak Dinas Perpustakaan Daerah sebagai pihak yang mendirikan Pojok Baca Gemilang masjid Al-Fur’qan. Pemanfaatan koleksi oleh pengunjung di Pojok Baca Gemilang masjid Al-Fur’qan dilakukan oleh para jamaah masjid dan para remaja yang belajar di TPA Masjid Al-Fur’qan itu sendiri. Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang masjid Al-Fur’qan dilakukan dengan cara membaca di tempat, mencatat dan memfoto copy. Namun, pengguna tidak diperbolehkan melakukan peminjaman terhadap koleksi untuk dibawa pulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pemanfaatan, Pojok Baca Gemilang, Remaja Masjid.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Yowana Rizki
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:32
Last Modified: 11 Nov 2021 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18699

Actions (login required)

View Item
View Item