Integrasi Kurikulum dan Hasil Belajar Santri Pada Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Mariah Ulfa, 30183669 (2021) Integrasi Kurikulum dan Hasil Belajar Santri Pada Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Integrasi Kurikulum dan Hasil Belajar Santri Pada  Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Integrasi Kurikulum dan Hasil Belajar Santri Pada Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Kota Banda Aceh)
Mariah Ulfa, 30183669, PPS, PAI, 085270387287.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam lembaga pendidikan, output yang akan dihasilkan tergantung bagaimana rancangan kurikulum yang diberikan kepada siswa integrasi kurikulum adalah salah satu cara yang diharapkan melahirkan generasi islami, berkompetensi dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model integrasi kurikulum, (2) penerapan integrasi kurikulum, (3) hasil belajar santri mengunakan integrasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sederhana. Subjek penelitian kepala sekolah, guru, ustad, ustazah dan santri, yang dipilih secara purposive sampling, teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis dapatkan di lapangan yaitu: (1) integrasi kurikulum di Pesantren Modern Babun Najah menggunakan pembelajaran terpadu model connected, dalam mata pelajaran Fiqih, (2) penerapan integrasi kurikulum dilaksanakan dengan 3 langkah (a) perencanaan dengan mengidentifikasi mata pelajaran PAI dengan materi kitab, (b) pelaksanaan dilakukan pada proses pembelajaran fiqih dengan langkah pembelajaran awal, inti hingga akhir, (c) evaluasi, dengan melihat hasil pencapaian siswa melalui kegiatan ujian lisan dan tulisan, (3) hasil belajar santri kelas X MA Babun Najah pada materi Fiqih semester ganjil tahun 2021 dengan ketuntasan keseluruhan sebesar 66,20 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Kusmawati Hatta, M. Pd Pembimbing II : Dr. Mujakir, M. Pd, Si
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Kurikulum, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mariah Ulfa
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:18
Last Modified: 10 Nov 2021 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item
View Item