Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Reward dan Punishment di Pesantren Daarurrahmah Sepadan Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam

Kurnia Sandi Padang, 160201093 (2021) Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Reward dan Punishment di Pesantren Daarurrahmah Sepadan Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Reward dan Punishment di Pesantren Daarurrahmah Sepadan Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam]
Preview
Text (Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Reward dan Punishment di Pesantren Daarurrahmah Sepadan Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam)
Kurnia Sandi Padang, 160201093, FTK, PAI, 082276898383.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penanaman Nilai Kedisplinan Melalui Reward dan Punishment sangat penting baik itu pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Unsur yang berperan dalam penanaman nilai kedisiplinan melalui ialah guru. Guru sebagai komponen penting dalam pendidikan, harus memperhatikan cara mendidik agar mendapat hasil sesuai dengan yang diharapkan. Dengan ditanamkannya nilai-nilai kedisiplinan di pesantren ini membuat siswa/i lebih mengetahui langkah perbuatan yang mereka lakukan sehingga membuat siswa/i tidak melakukan pelanggaran tata tertib yang sudah di tetapkan. Dengan adanya reward kepada siswa/i akan lebih termotivasi dalam belajar maupun di luar pembelajaran, sedangkan untuk punishment memberikan peringatan bagi siswa/i yang melanggar tata tertib agar tidak mengulangi kesalahan kembali. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian dengan judul “Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Reward dan Punishment di Pesantren Daarurrahmah Sepadan Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam penanaman nilai kedisiplinan terhadap siswa, untuk mengetahui bagaimana bentuk reward dan punishment serta untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami guru dalam menanamkan nilai kedisiplinan di pesantren Daarurrahmah Sepadan Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan ialah tingkat kedisiplinan siswa/i di pesantren Daarurrahmah Sepadan mempunyai tingkat kedisiplinan baik. Dikarenakan sudah di terapkannya konsep kebijaksanaan pengasuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kurnia Sandi Padang
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:00
Last Modified: 11 Nov 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item
View Item