Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah

Budiman Sari, 170211022 (2021) Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik  Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah]
Preview
Text (Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah)
Budiman Sari, 170211022, FTK, PTE, 082231793213.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan sarana dan prasarana ruang praktik bidang keahlian teknik sepeda motor dan respon siswa terhadap tingkat kelayakan sarana dan prasarana ruang praktik teknik sepeda motor di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan metode studi kasus. Sampel pada penelitian ini adalah 14 siswa di kelas XI SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan PERMENDIKBUD No. 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) tentang penyelenggara ujian praktik kejuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan prasarana yang dilihat dari aspek luas area kerja mesin dikategorikan layak, aspek luas area kerja body dikategorikan layak, aspek luas area kera kelistrikan dikategorikan tidak layak, kapasitas peserta didik dikategori tidak layak, rasio peserta didik dikategori tidak layak dan lebar ruang praktik termasuk dalam kategori tidak layak. Tingkat kelayakan sarana yang dilihat dari aspek perabot termasuk dalam kategori layak, media pendidikan termasuk dalam kategori layak, peralatan utama praktik termasuk dalam kategori layak dan perlengkapan pendukung termasuk dalam kategori tidak layak. Sedangkan hasil respon siswa terhadap tingkat kelayakan sarana dan prasarana ruang praktik termasuk dalam kategori layak. Hasil ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data diperoleh persentase 80,98%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Budiman Sari Budi
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:54
Last Modified: 11 Nov 2021 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item
View Item