Dampak Perbedaan Interaksi Sosial pada Permainan Tradisional dan Permainan Modern (Game Online ) Terhadap Perilaku Masyarakat (Studi di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya).

Yuslinda, 160402108 (2021) Dampak Perbedaan Interaksi Sosial pada Permainan Tradisional dan Permainan Modern (Game Online ) Terhadap Perilaku Masyarakat (Studi di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Dampak Perbedaan Interaksi Sosial pada Permainan Tradisional dan Permainan Modern (Game Online )]
Preview
Text (Dampak Perbedaan Interaksi Sosial pada Permainan Tradisional dan Permainan Modern (Game Online ))
Yuslinda, 160402108, FDK, BKI, 082215086301.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dampak Perbedaan Interaksi Sosial pada Permainan Tradisional dan Permainan Modern (Game Online) Terhadap Perilaku Masyarakat di Kecamatan Seunagan” fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh permainan tradisional dan permainan modern yang berupa game online terhadap interaksi sosial dan perilaku masyarakat dengan lingkungan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat perbedaan interaksi sosial, dampak yang ditimbulkan dan cara menanggulanginya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek terdiri dari kepala desa, kepala keluarga, ibu rumah tangga, remaja tingkat awal, remaja pertengahan dan remaja tingkat akhir dari setiap desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional dan permainan modern berupa game online memberikan pengaruh dan dampak yang berbeda. Perbedaan dari permainan tradisional dengan permainan game online adalah permainan tradisional dapat meningkatkan interaksi antar lingkungan masyarakat dan terjalin hubungan komunikasi yang harmonis sedangkan permainan game online mengakibatkan interaksi antar lingkungan tidak harmonis.. Hadirnya game online mengakibatkan hubungan interaksi sosial kurang harmonis, perilaku sosial yang rendah, setiap masyarakat dari berbagai kalangan lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain game online. Game online yang sering dimainkan dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai kalangan masyarakat di Kecamatan Seunagan seperti mobile legend, clash of clans dan PUBG mobile. Penggunaan aplikasi game online yang marak dilakukan di Kecamatan Seunagan sangat diperlukan cara khusus untuk dapat menanggulanginya seperti perlu adanya pihak-pihak tertentu dalam mengarahkan dan memberi bimbingan kepada kalangan masyarakat yang sering bermain game online. selain itu, peran orang tua dalam keluarga untuk membimbing dan memberi arahan kepada setiap anak dalam aturan bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yuslinda Yuslinda
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:20
Last Modified: 11 Nov 2021 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item
View Item