Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pemrograman Actionscript Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Mauidhatul Hasanah, 170212018 (2021) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pemrograman Actionscript Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pemrograman Actionscript Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pemrograman Actionscript Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Mauidhatul Hasanah, 170212018, FTK, PTI, 085273178761.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Teknologi digital telah membawa kontribusi yang besar dalam kemajuan pendidikan, terutama dalam pemanfaatan berbagai media untuk pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi ajar suatu mata pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penggunaan multimedia interaktif pada mata kuliah pemrograman animasi terutama pada materi pemrograman actionscript. Maka dari itu peneliti merancang media pembelajaran interaktif pemrograman actionscript menggunakan aplikasi Articulate Storyline yang bernama actionscript learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perancangan dan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pemrograman actionscript. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif pemrograman actionscript ini diharapkan dapat mendukung kegiatan pembelajaran pada mata kuliah pemrograman animasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam perancangan media ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata ahli materi, ahli media, dan mahasiswa secara berturut-turut adalah sebesar 3,22, 3,1, dan 3,49 dengan persentase kelayakan sebesar 80,5%, 77,4%, dan 87,2% pada kategori layak, layak, dan sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran interaktif pemrograman actionscript dapat dikatakan layak untuk mendukung kegiatan pembelajaran pada mata kuliah pemrograman animasi di Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hazrullah, S.Pd.I., M.Pd. 2. Basrul, M.S.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Pemrograman Actionscript, Articulate Storyline
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Mauidhatul Hasanah
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:46
Last Modified: 12 Nov 2021 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18717

Actions (login required)

View Item
View Item