Analisis Perilaku Pengepul (Toke) Kopi Dalam Etika Bisnis Islam dan Perolehan Keuntungannya di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah

Sri Wahyuni, 160602023 (2021) Analisis Perilaku Pengepul (Toke) Kopi Dalam Etika Bisnis Islam dan Perolehan Keuntungannya di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Perilaku Pengepul (Toke) Kopi]
Preview
Text (Analisis Perilaku Pengepul (Toke) Kopi)
Sri Wahyuni, 160602023, FEBI, ES, 081263952453.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh melakukan transaksi jual beli kopi kepada toke atau pengepul yang sudah menjadi tradisi apabila telah memasuki musim panen maka petani akan mencari toke untuk menjual hasil panen, tetapi apabila petani memiliki utang kepada toke maka kopi tersebutlah yang akan di bayar sebagai ganti utang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme transaksi jual beli kopi, bagaimana perilaku pengepul serta Untuk mengetahui bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku pengepul kopi dikecamatan Permata, serta apakah tingkah laku pengepul terhadap petani sudah sesuai dengan ke lima prinsip etika bisnis Islam yang meliputi prinsip Tauhid, Keseimbangan, Kehendak Bebas, Tanggung Jawab, dan Kejujuran. Jenis penelitiannya deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini yaitu para Petani,Toke dan Tokoh Agama. Hasil penelitian ditemukan bahwa praktik yang dilakukan sebahagian besar toke sudah terpenuhi rukun dan syaratnya. Adapun dalam pelaksaannya para toke masih banyak yang tidak paham akan perilaku yang sesuai dengan Etika bisnis Islam yang di anjurkan oleh agama seperti kurangnya nilai ketauhidan, kejujuran dan keseimbanngan atau keadilan dalam mengambil keuntungan saat bertransaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sri Wahyuni Sri
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:59
Last Modified: 12 Nov 2021 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item
View Item