Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sistem Reproduksi Di Sma Negeri 1 Lembah Seulawah Aceh Besar

Desia Opanida, 160207045 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sistem Reproduksi Di Sma Negeri 1 Lembah Seulawah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sistem Reproduksi Di Sma Negeri 1 Lembah Seulawah Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sistem Reproduksi Di Sma Negeri 1 Lembah Seulawah Aceh Besar)
Desia Opanida. 160207045, FTK, PBL, 081326739448.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Munculnya wabah covid-19 mengakibatkan proses belajar mengajar di SMAN 1
Lembah Seulawah di lakukan secara daring yang memanfaatkan media buku cetak sebagai sumber belajar. Dengan menggunakan aplikasi whattsapp guru membuat grup untuk mengirim tugas yang diberikan oleh. Proses pembelajaran yang dilakukan masih kurang efektif karena banyak siswa yang mengeluh dan bosan terhadap media digunakan oleh guru. Salah satu solusi dalam membantu belajar mengajar yang dilakukan secara daring adalah menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media audio visual, menganalisis hasil uji kelayakan media pembelajaran audio visual dan menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 1 Lembah Seulawah Aceh Besar. Penelitian pengembangan audio visual ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket uji kelayakan ahli media dan ahli materi, serta angket respon siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar validasi ahli media dan materi, serta lembar respon siswa terhadap media audio visual. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian uji kelayakan media audio visual pada materi sistem reproduksi oleh ahli media memperoleh hasil 74% dikategorikan “Layak”. Kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan hasil 66% dengan kategori “Layak”, dan respon siswa terhadap media audio visual memperoleh hasil
92% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran audio visual di katergorikan layak untuk digunakan berdasarkan ahli media dan ahli materi. Hasil respon siswa di kategorikan sangat tertarik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Desia Opanida Desi
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:03
Last Modified: 12 Nov 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18721

Actions (login required)

View Item
View Item