Keberadaan Lesbian Di Kota Syariat : Refleksi Diri Dan Interaksi Subjek

Kasmaya, 170305075 (2021) Keberadaan Lesbian Di Kota Syariat : Refleksi Diri Dan Interaksi Subjek. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keberadaan Lesbian Di Kota Syariat :  Refleksi Diri Dan Interaksi Subjek]
Preview
Text (Keberadaan Lesbian Di Kota Syariat : Refleksi Diri Dan Interaksi Subjek)
Kasmaya, 170305075, FUF, SA, 082276870955.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Keberadaan Lesbian di Kota Syariat : Refleksi Diri dan Interkasi Subjek. Masalah yang akan di jawab dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana interaksi sosial membentuk perilaku lesbian dalam lingkungan sekitar yang mayoritasnya umat muslim. Kedua, bagaimana lesbian beradaptasi dan menjalankan hubungan pasangan di daerah yang ketat memberlakukan hukum Islam. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui tentang bagaimana cara lesbian berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang mayoritasnya umat muslim dan untuk mengetahui bagaimana lesbian beradaptasi dan menjalankan hubungan pasangan di daerah yang ketat memberlakukan hukum Islam.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus secara langsung terhadap empat orang informan lesbian, yang terdapat di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan. Melalui gambaran yang menyeluruh dan pemahaman yang lebih mendalam terkait permasalahan yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi dan wawancara terhadap ke-empat informan lesbian untuk memahami fakta sosial para perempuan lesbian yang berada di daerah syariat Islam kota Banda Aceh.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: ada beberapa hal yang mendasari interaksi sosial membentuk perilaku lesbian dalam lingkungan sekitar yang mayoritasnya umat muslim. Pertama, ke-empat informan lesbian dalam proses ia menjadi seorang lesbian di sebabkan karena faktor keluarga (pola asuh yang berbeda pada umumnya dan broken home), faktor keisengan dan faktor trauma. Dan dalam proses perempuan lesbian berinteraksi dalam kehidupan sosialnya sehari-hari, informan lesbian ini di lingkungannya tidak terjadi penghalang sekalipun mereka mengakui pengungkapan diri sebagai lesbian, karena mereka hanya mengungkapkan diri kepada orang-orang tertentu. Kedua, cara lesbian ini beradaptasi dan menjalankan hubungan pasangan di daerah yang ketat memberlakukan hukum agama Islam juga tidak menjadi penghalang di karenakan mereka berkelakuan seperti pasangan heteroseksual pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Kasmaya Kasmaya
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:04
Last Modified: 12 Nov 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18725

Actions (login required)

View Item
View Item