Strategi Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Ulee Kareng Dalam Mengoptimalkan Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pranikah

Rahmi, 170403046 (2021) Strategi Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Ulee Kareng Dalam Mengoptimalkan Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pranikah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi  Kantor  Urusan Agama (Kua)  Kecamatan Ulee Kareng Dalam Mengoptimalkan Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pranikah]
Preview
Text (Strategi Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Ulee Kareng Dalam Mengoptimalkan Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pranikah)
Rahmi, 170403046, FDK, MD, 085269831101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Kantor Urusan Agama Kecamatan Ulee Kareng dalam Mengoptimalkan Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pranikah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh disebabkan oleh masalah kurangnya pemahaman tentang pengelolaan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulee Kareng dalam mengoptimalkan program bimbingan perkawinan pranikah dan untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam mengoptimalkan program bimbingan perkawinan (bimwin) pranikah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunkan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulee Kareng. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah tiga orang pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulee Kareng dan tujuh masyarakat yang sudah melakukan bimbingan perkawinan pranikah di KUA Kecamatan Ulee Kareng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulee Kareng adalah strategi besar karena strategi yang dilaksanakan sudah direncanakan dari awal agar mencapai tujuan. Adapun strategi tersebut yaitu memaksimalkan waktu bimbingan, menghadirkan pemateri yang ahli, mempersiapkan dan memaksimalkan materi bimbingan,menggunakan metode yang bervariasi, bekerjasama dengan pihak terkait dan peningkatan sarana dan prasarana. Peluang Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulee Kareng dalam mengoptimalkan progran bimbingan perkawinan (bimwin) pranikah adalah keseriusan calon penganntin untuk mendaftar nikah dan keseriusan calon pengantin dalam menghadiri bimbingan perkawinan pranikah. Sedangkan yang menjadi tantangan adalah kurangnya kepedulian calon pengantin terhadap bimbingan pranikah, kurangnya pendanaan dari pemerintah, keluhan calon pengantin terkait fasilitas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulee Kareng yang masih kurang dan calon pengantin yang berdomisili diluar daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rahmi Rahmi
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:29
Last Modified: 12 Nov 2021 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item
View Item