Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Pada Materi Sistem Ekskresi Di Mtss Darul Hikmah Aceh Besar

Firdayani, 170207107 (2021) Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Pada Materi Sistem Ekskresi Di Mtss Darul Hikmah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Pada Materi Sistem Ekskresi Di Mtss Darul Hikmah Aceh Besar]
Preview
Text (Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Pada Materi Sistem Ekskresi Di Mtss Darul Hikmah Aceh Besar)
Firdayani, 170207107, FTK, PBL, 085359390513.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kurangnya ketertarikan dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran di sekolah MTsS Darul Hikmah Aceh Besar dan variasi media pembelajaran yang terbatas menyebabkan minat dan hasil belajar peserta didik rendah. Hal tersebut perlu adanya solusi dan dapat dilakukan dengan adanya penerapan media pembelajaran seperti video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan video animasi pada materi sistem ekskresi di kelas VIII di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimen dan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 50 sampel yang merupakan peserta didik pada kelas VIII. Penelitian yang dilakukan pada bulan Juni 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, pemberian angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif terhadap observasi, angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persentase angket minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 79,7% dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol 67,85% dengan kategori cukup. Persentase observasi minat belajar kelas eksperimen 82,7% dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol 66,3% dengan kategori cukup. Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dikategorikan sangat baik dengan persentase 80,16% dan kelas kontrol dikategorikan baik dengan persentase 73,6%. Berdasarkan hasil uji t dengan skor 3,502 dan probabilitas 0,02<0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara pembelajaran dengan penerapan video animasi dan pembelajaran tanpa menerapkan video animasi (konvensional)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Minat dan Hasil Belajar, Sistem Ekskresi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Firdayani Firdayani
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:41
Last Modified: 15 Nov 2021 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item
View Item