Selvia Juli Nengsi, 140209103 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Membuat Pantun Siswa Di Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.
Selvia Juli Nengsi, 140209103, FTK, PGMI, 082167782799.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kemampuan menulis pantun siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat pantun yaitu dengan melalui model pembelajaran Think Pair and Share. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat pantun dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share. Tujuan mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes kemampuan siswa membuat pantun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Ttindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share meningkatkan dari siklus I hanya 63,9% menjadi 88,9% pada siklus II, (2) aktivitas siswa pada sik;us I hanya 57% menjadi 88% pada siklus II, (3) Kemampuan siswa membuat pantun pada siklus I dengan rata-rata 62,1% meningkat pada siklus II menjadi 89,1%. Ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajar melalui penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dalam membuat pantun di kelas V MIN 3 Aceh Besar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M. Ag 2. Rafidhah Hanum, S. Pd., M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Think Pair and Share, Kemampuan Membuat Pantun |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Selvia Juli Nengsi |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:56 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18739 |