Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi SKI Di MIN 1 Aceh Tengah

Maharani, 170201021 (2021) Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi SKI Di MIN 1 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi SKI Di MIN 1 Aceh Tengah]
Preview
Text (Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi SKI Di MIN 1 Aceh Tengah)
Maharani, 170201021, FTK, PAI, 082388461289.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap manusia sepanjang hayat. Hal tersebut dikarenakan pendidikan sebagai salah satu aspek pendukung kemajuan manusia di semua bidang, mulai dari ekonomi, sosial, budaya, dan bidang penting lainnya. Belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari pada itu, yakni mengalami. Biasannya pelajaran cepat merasa bosan dan malas untuk melibatkan diri dalam aktivitas pembelajaran jika proses pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan gaya belajarnya.. Dalam kenyataannya, metode bercerita ini sering sering tidak dapat diterapkan dengan baik oleh guru, sehingga pembelajaran tidak optimal. Padahal dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dibutuhkan sebuah penjelasan atau gambaran dari guru agar materinya dapat dipahami secara jelas oleh peserta didik. Penerapan adalah perbuatan menerapkan. Metode storytelling adalah suatu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada anak didik dengan menuturkan cerita tersebut dapat disampaikan pesan- pesan yang baik dan dijadikan suatu pelajaran. bahwa sejarah kebudayaan Islam adalah cacatan lengkap tentang peristiwa dan segala sesuatu di masa lampau yang dihasilkan oleh umat islam untuk kemaslahatan hidup dan kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid serta kendala yang dihadapi selama proses belajar mengajar menggunakan metode storytelling pada materi SKI di MIN 1 Aceh Tengah. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan di kelas III MIN 1 Aceh Tengah. Analisis data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa di MIN 1 Aceh Tengah terdapat pelajaran SKI, pelajaran SKI diajarkan agar siswa mengetahui tentang Sejarah Kebudayaan Islam dan menambah wawasan murid serta meningkatkan hasil belajar murid. Metode atau langkah-langkah atau cara yang digunakan adalah metode storytelling yang mana storytelling adalah menuturkan atau menyampaikan cerita secara lisan kepada murid agar cerita dapat tersampaikan dengan baik. Kendala-kendala dalam penerapan metode storytelling diantaranya: pembelajaran yang terlalu monoton, waktu yang sedikit, media pembelajaran yang kurang, jam pelajaran yang kurang, siswa yang memiliki banyak karakter, dan pembelajaran yang terakumulasi dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhibbuthabry, M.Ag. Pembimbing II : Dr. Saifullah Maysa, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Hasil Belajar, SKI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maharani Maharani
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:39
Last Modified: 16 Nov 2021 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

View Item
View Item