Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat Perniagaan (Studi Terhadap Pedagang di Kota Banda Aceh)

Ratna Yunita, 170602057 (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat Perniagaan (Studi Terhadap Pedagang di Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat Perniagaan (Studi Terhadap Pedagang di Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat Perniagaan (Studi Terhadap Pedagang di Kota Banda Aceh))
Ratna Yunita, 170602057, FEBI, ES, 082277542761.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Zakat perniagaan adalah zakat yang dikeluarkan atas kepemilikan harta yang diperuntukkan untuk jual beli, yang tentunya sudah mencapai nishab atau haul. Kegiatan perdagangan merupakan usaha yang dilakukan manusia untuk mendapatkan rezeki yang halal bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki dalam membayar zakat perniagaan (studi terhadap pedagang di Kota Banda Aceh). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang muzakki atau pedagang di Kota Banda Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang merupakan data yang diperoleh langsung dari responden dengan penyebaran kuesioner. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara parsial faktor kepercayaan dan kesadaran diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap muzakki dalam membayar zakat perniagaan (studi terhadap pedagang di Kota Banda Aceh), sebaliknya secara parsial faktor pemahaman tidak berpengaruh signifikan terhadap muzakki dalam membayar zakat perniagaan (studi terhadap pedagang di Kota Banda Aceh). Sedangkan secara simultan faktor pemahaman, kepercayaan, dan kesadaran diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap muzakki dalam membayar zakat perniagaan (studi terhadap pedagang di Kota Banda Aceh).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Muhammad Zulhilmi, MA Pembimbing II : Rina Desiana, ME
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Kepercayaan, Kesadaran Diri, Muzakki, Zakat Perniagaan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.1423 Zakat Perusahaan dan Perniagaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ratna Yunita
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:34
Last Modified: 16 Nov 2021 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item
View Item