Efektivitas Pembinaan Ibadah Muallaf di Kota Banda Aceh (Studi Peran Dinas Syariat Islam terhadap Forum Muallaf Aceh (FORMULA) dan Persatuan Muallaf Atjeh Sejahtera (PMAS))

Muthala, 29173456 (2021) Efektivitas Pembinaan Ibadah Muallaf di Kota Banda Aceh (Studi Peran Dinas Syariat Islam terhadap Forum Muallaf Aceh (FORMULA) dan Persatuan Muallaf Atjeh Sejahtera (PMAS)). Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Pembinaan Ibadah Muallaf di Kota Banda Aceh (Studi Peran Dinas Syariat Islam terhadap Forum Muallaf Aceh (FORMULA) dan Persatuan Muallaf Atjeh Sejahtera (PMAS))]
Preview
Text (Efektivitas Pembinaan Ibadah Muallaf di Kota Banda Aceh (Studi Peran Dinas Syariat Islam terhadap Forum Muallaf Aceh (FORMULA) dan Persatuan Muallaf Atjeh Sejahtera (PMAS)))
Muthala, 29173456, PPS, IAI, 085322301204.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peran pemerintah Kota Banda Aceh sangat dibutuhkan dalam membina para muallaf di Kota Banda Aceh. Seharusnya pemerintah memberikan pembinaan yang efektif, agar para muallaf merasakan kenyamanan berada dalam agama Islam. Namun dalam praktiknya, pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam selama ini masih belum maksimal, dapat dilihat dari fenomena ketika muallaf datang ke masjid untuk melaksanakan ibadah shalat, terlihat tatacara berwudhu’ yang dilakukan asal-asalan. selain itu juga adanya muallaf yang murtad kembali, ini membuktikan bahwa pembinan muallaf di Kota Banda Aceh belum efektif. sehingga terkesan hanya sekedar menjalankan tugas rutinitas saja. Penelitian ini bertujuan untuk; Pertama, mengetahui proses pembinaan ibadah muallaf yang dilakukan oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh. Kedua, mengetahui dampak pembinaan ibadah muallaf terhadap perilaku keagamaan muallaf. Ketiga, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan muallaf.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bersifat deskriptif analisis. Hal ini didasarkan atas realitas situasi dan kondisi peran pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh dalam membina para muallaf. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, pembinaan ibadah muallaf fokus diarahkan pada tatacara bersuci (thaharah), dan pembinaan ibadah shalat. Kedua, pembinaan muallaf yang dilakukan oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh berdampak positif terhadap perilaku keagamaan para muallaf. Ketiga, dalam pembinaan muallaf, pihak Dinas Syariat Islam menemukan kendala-kendala dalam proses pembinaan. Seperti faktor ekonomi, belum ada pola pembinaan yang bagus, kepentingan muallaf, jarak tempuh ikut pembinaan terlalu jauh, kurang dukungan keluarga, dan terbatasnya anggaran dalam pembinaan muallaf di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ali Abubakar, MA., Pembimbing II : Dr. Samsul Bahri, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Dinas Syariat Islam, Pembinaan, Muallaf
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Muthala Muthala
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:32
Last Modified: 15 Nov 2021 04:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18746

Actions (login required)

View Item
View Item