Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Sistem Komputer Dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh

T. Alzikri Mahalja, 150211082 (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Sistem Komputer Dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Sistem Komputer Dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Sistem Komputer Dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh)
T. Alzikri Mahalja, 150211082, FTK, PTE, 082274646890.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di SMKN 5 Telkom Banda Aceh yang mana pendidik memiliki kendala dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer. Penelitian ini bertujuan menyelesaikan permasalahkan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre- eksperimental dengan bentuk one group pre-test-post-test design dengan hanya meneliti satu kelas, pre-eksperimental terlebih dahulu dilakukan observasi, dilanjutkan dengan memberikan pre-test yang mana peserta didik beri di berikan pembelajaran dengan metode jigsaw, setelah itu. Pada hasil pre-test sebelum diberikan perlakuan khusus (metode jigsaw) peserta didik memperlihatkan nilai rata-rata 42,89 dibawah KKM, dan setelah diberikan perlakuan khusus dengan menerapkan metode kooperatif tipe jigsaw hasil post-test peserta didik memberikan hasil yang positif yang mana rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 78,68. Analisis data berdasarkan uji-t thitung> ttabel yaitu 4,52 > 2,074 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan bisa kita simpulkan metode kooperatif tipe jigsaw bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan berdasarkan hasil angket pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat diminati oleh peserta didik X-TJA2 SMKN 5 TELKOM Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S. Ag., M. Pd Pembimbing II : Khairan AR, M. Kom
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode jigsaw
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: T. Alzikri Mahalja
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:21
Last Modified: 16 Nov 2021 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item
View Item