Implementasi Media Pembelajaran Gerbang Logika (Logic Gate) Berbasis Trainer-Kit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 5 Telkom Banda Aceh

Al Nauval, 150211041 (2021) Implementasi Media Pembelajaran Gerbang Logika (Logic Gate) Berbasis Trainer-Kit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Media Pembelajaran Gerbang Logika (Logic Gate) Berbasis Trainer-Kit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer  di SMKN 5 Telkom Banda Aceh]
Preview
Text (Implementasi Media Pembelajaran Gerbang Logika (Logic Gate) Berbasis Trainer-Kit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 5 Telkom Banda Aceh)
Al Nauval, 150211041, FTK, PTE, 0895338307121.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh ketiadaan alat semacam trainer-kit sebagai media penunjang proses belajar-mengajar pada Mata pelajaran Sistem Komputer. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana merancang trainer-kit dan mengimplementasikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah menngetahui pengaruh trainer-kit terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Exprerimental dengan langkah experiment yaitu One Group Pretest-Posttest. Pre-test dan post-test dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil perlakuan yang lebih akurat, karena dapat membandingkan keadaan sebelum perlakuan menggunakan trainer-kit dengan keadaaan sesudah perlakuan menggunakan trainer-kit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia berjumlah 21 siswa (berdasarkan absensi). Deskripsi hasil penelitian meliputi (1). Proses desain layout kotak trainer-kit, (2). Perancangan trainer-kit, (3). Pengujian trainer-kit, dan (4). Tahapan Implementasi trainer-kit. Hasil data yang didapatkan dari Instumen menunjukan rata-rata hasil belajar pre-test ialah 63.68, lebih meninggkat pada post-test mencapai nilai rata-rata hingga Ttabel (2.09), sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima. Ini menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran gerbang logika (logic gate) berbasis trainer-kit pada mata pelajaran sistem komputer di SMKN 5 Telkom Banda Aceh dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag., M.Pd., Pembimbing II : Khairul Fuady, MT
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Trainer-Kit, Pre-Exprerimental
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Al Nauval
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:32
Last Modified: 16 Nov 2021 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item
View Item