Penerapan TGT (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sigli.

Zulfa Setiawan, 150211028 (2021) Penerapan TGT (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan TGT (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sigli.]
Preview
Text (Penerapan TGT (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sigli.)
Zulfa Setiawan, 150211028, FTK, PTE, 085371863879.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih kurangnya penggunaan model pembelajaran kreatif dan inovatif saat proses belajar mengajar pada mata pelajaran Dasar Elektronika. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana pengaruh penerapan model Team Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik dan bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh penerapan model TGT terhadap hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model TGT ini. Penelitian ini berbentuk kuantitatif, serta mengunakan metode quasi experimental dengan langkah one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest dan angket. Data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas antara sebelum dan sesudah penerapan TGT ini. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang dicapai pada pretes < postest (58 < Pengujian hipotesa menggunakan uji-t menunjukkan hasil analisis data thitung > ttabel (3,665 > 1,75), sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima. Ini menunjukkan bahwa penerapan TGT pada mata pelajaran Dasar Elektronika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TITL SMKN 2 Sigli. Hasil respon peserta didik terhadap model pembelajaran TGT mamperoleh nilai sangat setuju, hal ini dibuktikan melalui indeks jawaban angket SS sebanyak 49%, S sebanyak 42%, TS sebanyak 7% dan STS sebanyak 2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hari Anna Lastya, S.T., M.T., Pembimbing II : Sadrina, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: TGT, Hasil Belajar, Dasar Elektronika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Zulfa Setiawan
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:19
Last Modified: 16 Nov 2021 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18750

Actions (login required)

View Item
View Item