Diskon Penjualan Produk Oriflame Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Member Menurut Perspektif Hukum Islam (Analis Sistem Penetapan Harga Pada Produk MLM)

Sri Mariati Hasyimi, 160102031 (2021) Diskon Penjualan Produk Oriflame Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Member Menurut Perspektif Hukum Islam (Analis Sistem Penetapan Harga Pada Produk MLM). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Diskon Penjualan Produk Oriflame Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Member Menurut Perspektif Hukum  Islam  (Analis  Sistem  Penetapan Harga  Pada Produk MLM)]
Preview
Text (Diskon Penjualan Produk Oriflame Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Member Menurut Perspektif Hukum Islam (Analis Sistem Penetapan Harga Pada Produk MLM))
Sri Mariati Hasyimi, 160102031, FSH, HES, 082272027518 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

PT Orindo Alam Ayu yang biasa di kenal dengan nama Oriflame sebagai salah satu perusahaan yang memasarkan produknya dengan sistem MLM telah memiliki segmentasi pasar di Indonesia untuk setiap produk yang dipasarkan oleh manajemen Oriflame baik untuk downline maupun konsumen. Mekanisme pasar yang di lakukan setiap member yang menjual produk Oriflame ini harus menggunakan harga standar perusahaan namun di duga telah terjadi penyimpangan harga pada penjualan produk Oriflame yang dijual di bawah harga yang tertera di katalog yang mengakibatkan rusaknya mekanisme pasar. Pertanyaan dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana mekanisme diskon yang ditetapkan perusahaan Oriflame kepada member, bagaimana tingkat laba bagi member dalam penjualan produk Oriflame yang telah didiskon oleh manajemen Oriflame dan bagaimana sistem diskon pada penjualan produk Oriflame dalam perspektif Hukum Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan member-member Oriflame dan konsumen. Hasil penelitian bahwa mekanisme diskon yang ditetapkan perusahaan kepada member berupa diskon 23%, diskon business class dan diskon welcome program, tingkat laba yang diperoleh member dalam penjualan produk Oriflame yaitu keuntungan sponsor, keuntungan penjualan, dan keuntungan bulanan, sistem diskon pada penjualan produk Oriflame dalam Hukum Ekonomi Islam ini dibolehkan karena memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Soraya Devi, M.Ag., Pembimbing II : Azmil Umur, M.A
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Penetapan Harga, Diskon
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Depositing User: Sri Mariati Hasyimi
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:20
Last Modified: 16 Nov 2021 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18758

Actions (login required)

View Item
View Item