Yunita, 150209051 (2020) Penerapan Model Cooperative Script Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Yunita, 150209051, FTK, PGMI, 085213891027.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Dari hasil observasi pada saat pembelajaran IPS dikelas IV MIN 10 Aceh Besar menunjukkan bahwa saat kegiatan belajar masih berlangsung satu arah yang disebabkan minimnya penggunaan model atau media dalam pembelajaran serta keterbatasan buku pembelajaran yang mengakibatkan nilai rata-rata peserta didik berada dibawah standar ketuntasan kriteria minimum(KKM) yang diterapkan sekolah yaitu 70. Berdasarkan hasil observasi tersebut, penulis melakukan upaya dalam membantu meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Coopeartive Script dengan Media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan model Cooperative Script dengan Media gambar, serta hasil belajar siswa setelah menggunakan model Cooperative Script dengan Media gambar. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 76,19% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 94% . 2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 76,61% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan presntase 93%. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai sebesar 53,84% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai sebesar 84,46%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Cooperative Script dengan Media Gambar dalam pembelajaran IPS kelas IV A MIN 10 Aceh Besar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Saifullah, S.Ag.,M.Ag., Pembimbing II : Zaki Al Fuad, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Script, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Yunita |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:28 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:28 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18759 |