Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning pada Pelajaran Fiqh di MTsN 11 Pidie

Misratun Naja, 160201083 (2021) Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning pada Pelajaran Fiqh di MTsN 11 Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning pada Pelajaran Fiqh di MTsN 11 Pidie]
Preview
Text (Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning pada Pelajaran Fiqh di MTsN 11 Pidie)
Misratun Naja, 160201083, FTK, PAI, 082369590205.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Efektivitas merupakan faktor yang sangat penting dalam pembelajaran karena menentukan tingkat keberhasilan suatu model pembelajaran yang digunakan. Penerapan model pembelajaran yang bervariasi merupakan keharusan dalam proses pembelajaran di era ini, dengan adanya model pembelajaran yang beragam dapat membuat suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning efektif untuk di terapkan pada mata pelajaran Fiqh di MTsN 11 pidie. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTsN 11 Pidie yang berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan tes. Penerapan model problem based learning pada mata pelajaran Fiqh dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu menyadiri masalah, merumuskan pertanyaan, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan kesimpulan. Model pembelajaran Problem Based Learning efektif diterapkan pada pelajaran Fiqh materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas VIII-3 karena dapat memberikan pengaruh positif pada peserta didik, seperti lebik aktif dalam kelas, berani bertanya kepada guru, membuat pemahaman peserta didik meningkat sehingga hasil belajar peserta didik dapat mencapai nilai KKM Fiqh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sri Astuti. S. Pd. I, MA Pembimbing II : Sri Mawaddah, MA
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Problem Based Learning, Fiqh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Misratun Naja
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:05
Last Modified: 18 Nov 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item
View Item