Peran Orang Tua dalam Memotivasi Anak untuk Mengikuti Pendidikan Tahfiẓ Al- Qur’an

Maulida Sari, 29173545 (2021) Peran Orang Tua dalam Memotivasi Anak untuk Mengikuti Pendidikan Tahfiẓ Al- Qur’an. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran  Orang Tua dalam  Memotivasi Anak untuk Mengikuti Pendidikan Tahfiẓ Al- Qur’an]
Preview
Text (Peran Orang Tua dalam Memotivasi Anak untuk Mengikuti Pendidikan Tahfiẓ Al- Qur’an)
Maulida Sari, 29173545, PPS, PAI, 085276585207.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an bukanlah pekerjaan yang mudah. Orang tua perlu terlibat dalam membimbing dan memotivasi anak menghafal Al-Qur’an di rumah, agar hafalan anak meningkat dan kuat. Kadangkala, orang tua tidak membimbing kembali anak di rumah, hanya menyerahkan kepada guru di sekolah. Sehingga anak kurang bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan demikian target hafalan yang telah ditetapkan tidak tercapai. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran orang tua terhadap pendidikan tahfiẓ Al-Qur’an anak, motivasi orang tua untuk mengantarkan anaknya pada pendidikan tahfiẓ Al-Qur’an, dan cara orang tua memberikan motivasi kepada anak dalam mengikuti pendidikan tahfiẓ Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cendekia Darussalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam proses pendidikan tahfiẓ Al- Qur’an anak, orang tua dapat berperan sebagai: 1) Pembimbing, orang tua mendampingi anak dalam menghafal Al-Quran dan mengulang hafalan, serta membenarkan bacaan Al-Qur’an anak jika ada yang salah; 2) Manager, orang tua menentukan jadwal dan mengontrol anak saat menghafal dan muraja‘ah hafalan; 3) Motivator, orang tua memberi edukasi tentang keutamaan Al- Qur’an dan memberi hadiah; 4) Fasilitator, orang tua menyediakan fasilitas yang diperlukan anak dalam mendukung proses menghafal Al-Qur’an, dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Motivasi orang tua untuk mengantarkan anaknya pada pendidikan tahfiẓ Al- Qur’an adalah agar anak menjadi penghafal Al-Qur’an, orang tua mendapatkan mahkota di akhirat nanti, anak yang hafiẓ Al-Qur’an dapat menjadi wasilah bagi orang tua memperoleh mahkota di Surga, dan menambah bekal ilmu agama bagi anak dan orang tua. Cara orang tua memberikan motivasi kepada anak dalam mengikuti

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Salami Mahmud, MA., Pembimbing II : Dr. Zulfatmi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Anak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Sari
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:25
Last Modified: 17 Nov 2021 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item
View Item