Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi Komparatif Pada Prodi FISIP UNSYIAH dan Prodi KPI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Ilham Kausar, 11206636 (2019) Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi Komparatif Pada Prodi FISIP UNSYIAH dan Prodi KPI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi Komparatif Pada Prodi FISIP UNSYIAH dan Prodi KPI  Fakultas Dakwah Dan Komunikasi  UIN Ar-Raniry)]
Preview
Text (Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi Komparatif Pada Prodi FISIP UNSYIAH dan Prodi KPI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry))
Ilham Kausar, 411206636, FDK, KPI, 085362555978.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini Berjudul “Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi Komparatif Pada Prodi Kpi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry Dan Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unsyiah)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal dosen dan mahasiwa prodi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dan prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unsyiah dalam proses bimbingan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian komparatif. Subjek penelitian ini ialah masing-masing prodi 2 dosen dan 10 mahasiswa prodi ilmu komunikasi fisip unsyiah dan podi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry yang dipilih dengan teknikpuposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Fundamental Interpersonal Relations Orientations (FIRO). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa komunkasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa prodi ilmu komunikasi fisip unsyiah dan prodi KPI Fakutas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry dalam proses bibimbingan skripsi belum berjalan secara efektif ditinjau dari indikator kesetaraan, empati, dukungan, rasa positif, dan hanya indikator keterbukaan yang terlihat efektif. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya kedisiplinan mahasiswa dalam menjaga waktu bimbingan yang telah ditetapkan dosen dan susahnya mahasiswa menjumpai dosen pembimbing dikarenakan dosen bersangkutan memiliki jadwal mengajar, faktor lain yang menghambat penyelesaian skripsi mahasiswa prodi KPI fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dan prodi ilmu komunikasi FISIP Unsyiah ialah sulitnya mahasiswa dalam menentukan masalah dari judul yang ingin diangkat, mengkonsep isi skripsi, mengoreksi teknik penulisan, menetukan metode penelitian yang digunakan, serta kurangnya motivasi dan minat mahasiswa untuk mengerjakan skripsinya dan mencari referensi, sehingga berdampak terhadap waktu penyelesaian skripsi dan kualitas skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Komuniksi Interpersonal, Dosen dan Mahasiswa, Skripsi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Kausar
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:30
Last Modified: 18 Nov 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item
View Item