Pengaruh Ketersediaan Koleksi Gerobak Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh

Khairun Nisak, 160503059 (2021) Pengaruh Ketersediaan Koleksi Gerobak Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Ketersediaan Koleksi Gerobak Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Ketersediaan Koleksi Gerobak Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh)
Khairun Nisak, 160503059, FAH, IP, 085270315753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Ketersediaan Koleksi Gerobak Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi gerobak baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan koleksi pada gerobak baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 16 Kota Banda Aceh. Hal ini dibuktikan dari persamaan regresi Y= 97,04 + 0,207 X sedangkan hubungan data nilai korelasi dengan menggunakan produc moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif ketersediaan koleksi gerobak baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sd Negeri 16 Kota Banda Aceh dengan nilai angka korelasi sebesar 0,401 yang tergolong dalam kategori sedang. Nilai regresi diperoleh signifikan 0,017< 0,05. Artinya variabel ketersediaan koleksi gerobak baca berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sd Negeri 16 Kota Banda Aceh. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan besarnya nilai determinasi (r) 16%. Artinya terdapat pengaruh ketersediaan koleksi gerobak baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sd Negeri 16 Kota Banda Aceh sebesar 16%. sedangkan sisanya sebesar 84% di pengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini diperkuat oleh uji t dan f. Uji t diperoleh sebesar 0,017 < 0,05 dan 2,515 > 1,68 (perbandingan nilai signifikan dan nilai thitung) sedangkan uji F menghasilkan 0,017 < 0,05 dan 6,324 > 4,12 (perbandingan nilai signifikan dan nilai Fhitung) sehingga terdapat pengaruh ketersediaan koleksi gerobak baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sd Negeri 16 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan Koleksi Gerobak Baca, Prestasi Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:26
Last Modified: 18 Nov 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18785

Actions (login required)

View Item
View Item