Fenomena Masyarakat Penambang Batu Emas Di Gampong Simpang Dua Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan

Cut Syaila Rahmi, 170404030 (2021) Fenomena Masyarakat Penambang Batu Emas Di Gampong Simpang Dua Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Fenomena Masyarakat Penambang Batu Emas Di Gampong Simpang Dua Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Fenomena Masyarakat Penambang Batu Emas Di Gampong Simpang Dua Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan)
Cut Syaila Rahmi, 170404030, FDK, PMI, 085397289163_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Fenomena Masyarakat Penambang Batu Emas di Gampong Simpang Dua Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mendorong masyarakat untuk terus menambang batu emas di Gampong Simpang Dua dan untuk mengetahui bagaimana fenomena masyarakat penambang batu emas di Gampong Simpang Dua. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendorong masyarakat untuk tetap terus menambang yaitu minimnya lapangan pekerjaan, tidak ada pilihan lain, karna kondisi faktor ekonomi dan juga faktor pemikat yang mana masyarakat disana terpikat oleh hasil yang didapatkan dari pertambangan emas tersebut. Jawaban yang diberikan informan kepada peneliti bahwa mereka memilih sebagai pekerja tambang dikarenakan oleh desakan ekonomi. Fenomena yang terjadi seperti resiko akibat pertambangan emas yaitu memakan korban jiwa akibat terjadinya longsor sehingga pekerja tertimbun oleh batu emas dan tanah yang terjadi pada tahun 2007 dan 2021. Kecelakaan terjadi akibat kesalahan penambang sendiri sehingga terkena longsoran dan tidak memperhatikan keamanan pada saat menambang. Sehingga menimbulkan trauma bagi pekerja untuk sementara, tetapi pekerja tambang tidak berhenti untuk menambang, apabila sembuh dari trauma mereka tetap menambang kembali untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Cut Syaila Rahmi
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:32
Last Modified: 18 Nov 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item
View Item