Efektivitas Layanan Klasikal Dengan Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kosentrasi Belajar Siswa di SMAN 2 Aceh Barat Daya

Zuhra Citra Suci, 150213002 (2021) Efektivitas Layanan Klasikal Dengan Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kosentrasi Belajar Siswa di SMAN 2 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Klasikal Dengan Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kosentrasi Belajar Siswa di SMAN 2 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Efektivitas Layanan Klasikal Dengan Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kosentrasi Belajar Siswa di SMAN 2 Aceh Barat Daya)
Zuhra Citra Suci, 150213002, FTK, BK, 085261442734.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu tanda seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuannya, keterampilannya atau sikapnya. Salah satu keterampilan teknik belajar dan keterampilan cara belajar yang efektif untuk membantu pemusatan perhatian adalah menggunakan peta pikiran (Mind mapping). Mind mapping adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis untuk membentuk kesan yang bermanfaat untuk memusatkan perhatian dan meningkatkan pemahaman. Dengan adanya keterampilan mind mapping yang diajarkan diharapkan siswa dapat meningkatkan perilaku kognitif, afektif, dan motorik dalam penerimaan dan mengaplikasikan ide yang diperoleh secara menyenangkan untuk mereaksi bahan belajar. Dengan menggunakan mind mapping cara kerja otak dapat dilibatkan dari awal. Hal ini berarti untuk mengingat kembali informasi selanjutnya akan lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah layanan klasikal dengan media mind mapping efektif untuk meningkatkan kosentrasi belajar siswa di SMAN 2 Aceh Barat Daya. Untuk mengetahui tingkat keefektifan suatu media yang digunakan untuk meningkatkan kosentrasi belajar siswa di SMAN 2 Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitiannya meliputi siswa kelas XI MIA 1. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan angket. Adapun hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa proses belajar siswa yang diberikan dengan metode pembelajaran mind mapping lebih mampu meningkatkan kosentrasi siswa dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Zuhra Citra Suci
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:51
Last Modified: 18 Nov 2021 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item
View Item