Pemanfaatan Danau Laot Tadu Sebagai Daya Tarik Wisata Dalam Upaya Mengembangkan Perekonomian Masyarakat (Studi Di Gampong Krueng Itam Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya)

Tika Agus Wahyuni, 170404023 (2021) Pemanfaatan Danau Laot Tadu Sebagai Daya Tarik Wisata Dalam Upaya Mengembangkan Perekonomian Masyarakat (Studi Di Gampong Krueng Itam Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Danau Laot Tadu  Sebagai Daya Tarik Wisata Dalam Upaya Mengembangkan Perekonomian Masyarakat  (Studi Di Gampong Krueng Itam Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya)]
Preview
Text (Pemanfaatan Danau Laot Tadu Sebagai Daya Tarik Wisata Dalam Upaya Mengembangkan Perekonomian Masyarakat (Studi Di Gampong Krueng Itam Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya))
Tika Agus Wahyuni, 170404023, FDK, PMI, 082168647085.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini yaitu tentang Peranan masyarakat gampong Krueng Itam dalam memanfaatkan Danau Laot Tadu sebagai daya tarik wisata dalam upaya mengembangkan perekonomian masyarakat. Beragam upaya telah dilakukan masyarakat untuk memaksimalkan daya tarik wisata Danau Laot Tadu, namun berbagai kendala membuat upaya ini belum maksimal. Hingga wisatawan yang datang masih cenderung musiman. Kondisi ini berdampak pada redupnya upaya masyarakat untuk pengembangan ekonomi melalui wisata danau. Sementara, negara melalui kebijakan pembangunan gampong, sangat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat gampong melalui potensi wisata. Atas dasar inilah maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui upaya masyarakat meningkatkan perekonomian melalui pemanfaatan Danau Laot Tadu sebagai daya tarik wisata di gampong Krueng Itam, dan untuk mengetahui apa saja peluang dan tantangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan diketahui bahwa upaya masyarakat dalam mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan Danau Laot Tadu dengan cara dua tahap yaitu pertama tahap perencanaan dengan cara melakukan melakukan musyawarah bersama keuchik gampong Krueng Itam untuk menjadikan Danau Laot Tadu sebagai tempat pariwisata dan yang kedua yaitu tahap pelaksanaan, dimulai dari pembersihan danau sampai dengan membangun tempat usaha yang tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian melalui wisata danau. Adapun peluang di Danau Laot Tadu yaitu wilayah yang strategis dan pemandangan yang masih asri dibandingkan gampong lainnya sedangkan tantangan yang dihadapi masyarakat gampong Krueng Itam yaitu pertama adanya pesaing gampong Alue Gajah yang ikut memanfaatkan Danau Laot Tadu dan kedua adanya pasar di balai gampong Krueng Itam. Sehingga mengakibatkan perekonomian masyarakat belum meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tika Agus Wahyuni
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:16
Last Modified: 23 Nov 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item
View Item