Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 16 Banda Aceh

Lilis Arini, 160205063 (2021) Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 16 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 16 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 16 Banda Aceh)
Lilis Arini, 160205063, FTK, PMA, 085346363649.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor penyebab kemampuan berpikir kritis matematis siswa rendah diantaranya adalah kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran dan lemahnya siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan argumen yang disertai bukti sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritisnya. Salah satu strategi pembelajaran yang diasumsikan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah strategi pembelajaran metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi metakognitif dan yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa SMPN 16 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri kelas VII-2 kelas eksperimen dan VII-3 kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh nilai t_(hitung )= 2,54 dan diperoleh t_(tabel )=1,69. Sehingga t_(hitung )>t_(tabel ), dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi metakognitif lebih baik dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMPN 16 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lilis Arini
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:10
Last Modified: 23 Nov 2021 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18849

Actions (login required)

View Item
View Item