Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh

Trisna Mardiningsih, 170210031 (2021) Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh)
Trisna Mardiningsih, 170210031, FTK, PIAUD, 082369309693.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan fasilitator dalam proses perpindahan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik. Guru memiliki peran utama yaitu membimbing, sebagai model, motivator, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Karakter religius merupakan nilai yang mengembangkan nilai-nilai berdasarkan agama yang membentuk pribadi, sikap, dan tingkah laku yang utama atau luhur dalam kehidupan. Maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru sebagai model karakter religius pada anak usia 5-6 tahun dan beberapa hambatan yang dihadapi guru TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah bahwa peran guru dalam model karakter religius pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh, di mana guru sebagai model membimbing, model, motivator, pelatih, dan penilaian melalui beberapa karakter religius pada beberapa diantaranya, mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, sopan, penolong, hormat, dan sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memghormati (toleransi) agama orang lain. Berdasarkan hasil observasi peran guru sebagai model di dalam penerapan karakter religius di sekolah TK IT Permata Sunnah Banda Aceh di lakukan dengan baik dan diterapkan.Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan karakter religius pada anak usia 5-6 tahun ialah tidak singkronnya antara pendidikan sekolah yang diberikan di oleh guru di sekolah dan penerapan yang dilakukn orangtua di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter Religius
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Trisna Mardiningsih
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:17
Last Modified: 23 Nov 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18856

Actions (login required)

View Item
View Item