Peranan Koperasi Unit Desa Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Gampong Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Muhammad Nazar, 150604168 (2021) Peranan Koperasi Unit Desa Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Gampong Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peranan Koperasi Unit Desa Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat]
Preview
Text (Peranan Koperasi Unit Desa Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat)
Muhammad Nazar, 150604168, FEBI, IE, 082277663014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Peran Koperasi Unit Desa Lembah Krueng Daroy dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya anggota koperasi adalah meminjamkan dana untuk membangun usaha yang ingin dilakukan masyarakat. Koperasi juga menyediakan sembako murah bagi anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan koperasi unit desa dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di Gampong Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan KUD Gampong Lambheu dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dengan adanya usaha yang didirikan yaitu toko sembako untuk menjual sembako murah ketika harga sembako mahal, adapun peran KUD menurut informan bahwa koperasi membantu anggotanya mengembangkan usaha pinjaman modal tanpa jaminan, koperasi memberikan margin hanya 2% agar tidak memberatkan masyarakat dalam membayar angsurannya. Penyaluran dana yang ada di koperasi yaitu hasil penjualan dari usaha koperasi dapat digunakan sebagai modal usaha bagi anggota yang ingin membangun usaha dan koperasi juga menyediakan sembako murah bagi anggotanya. Adapun penghimpunan dana yang dilakukan koperasi adalah adanya simpanan wajib Rp50.000 tiap bulannya dan dari suku bunga pinjaman yang diberikan akan menambah pemasukan bagi koperasi, kemudian tiap satu tahun sekali adanya pembagian SHU sehingga anggota koperasi akan mendapatkan untung juga. Diharapkan peranan Koperasi Unit Desa (KUD) Gampong Lambheu memperhatikan kesejetahteraan ekonomi masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap anggota dan tidak membeda-bedakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Nazar Nazar
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:41
Last Modified: 23 Nov 2021 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item
View Item