Implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Kepariwisataan Terhadap Kewajiban Memberikan Perlindungan Asuransi Bagi Wisatawan Dalam Perspektif Al-Mas’uliyyah (Penelitian di CV. Bentang Adventure Pante Peusangan Kecamatan Juli Bireuen

Rizki Ardy Saputra, 150102113 (2021) Implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Kepariwisataan Terhadap Kewajiban Memberikan Perlindungan Asuransi Bagi Wisatawan Dalam Perspektif Al-Mas’uliyyah (Penelitian di CV. Bentang Adventure Pante Peusangan Kecamatan Juli Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Kepariwisataan Terhadap Kewajiban Memberikan Perlindungan Asuransi Bagi Wisatawan Dalam Perspektif Al-Mas’uliyyah (Penelitian di CV. Bentang Adventure Pante Peusangan Kecamatan Juli Bireuen]
Preview
Text (Implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Kepariwisataan Terhadap Kewajiban Memberikan Perlindungan Asuransi Bagi Wisatawan Dalam Perspektif Al-Mas’uliyyah (Penelitian di CV. Bentang Adventure Pante Peusangan Kecamatan Juli Bireuen)
Rizki Ardy Saputra, 150102113, FSH, HES, 082291858668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena tidak adanya penyediaan asuransi jiwa di lokasi wisata minat khusus CV. Bentang Adventure Pante Peusangan Kecamatan Juli Bireuen sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan. Oleh karenanya, penulis akan mengkaji tentang bagaimana implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan, bagaimana kendala yang dihadapi oleh CV. Bentang Adventure dalam mendapatkan izin asuransi dan bagaimana perspektif al-mas’uliyyah terhadap tindakan CV. Bentang Adventure dalam memberikan perlindungan asuransi bagi wisatawan arung jeram. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa wujud implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan belum dijalankan secara optimal oleh CV. Bentang Adventure. Kendala yang dihadapi adalah kesulitan dalam mendapatkan dan mengurusizin dari kemenkumham yang berupa pemenuhan syarat asuransi yang harus berbadan hukum. Perspektif al-mas’uliyyah terhadap tindakan pengelola lokasi wisata CV. Bentang Adventure yang tidak memberikan perlindungan asuransi bagi wisatawan arung jeram bahwa pihak pengelola lokasi wisata belum sepenuhnya memenuhi tanggung jawabnya sebagai pengelola. Hal ini dikarenakan pihak pengelola belum menyediakan perlindungan dalam bentuk asuransi kepada para wisatawan minat khusus seperti arung jeram yang mana kegiatan tersebut memiliki risiko tinggi mengalami kecelakaan. Terlebih kewajiban untuk menyediakan perlindungan dalam bentuk asuransi kepada pengelola lokasi wisata minat khusus diatur secara tegas dalam Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan yang seharusnya diindahkan dan ditaati sebagai warga negara Indonesia di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizki Ardy Saputra
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:32
Last Modified: 23 Nov 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18862

Actions (login required)

View Item
View Item