Keanekaragaman dan Karakteristik Habitat Burung di Kawasan Ekosistem Mangrove Rigaih Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi

Siti Syarifah, 140207183 (2021) Keanekaragaman dan Karakteristik Habitat Burung di Kawasan Ekosistem Mangrove Rigaih Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman dan Karakteristik Habitat Burung di Kawasan Ekosistem Mangrove Rigaih Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi]
Preview
Text (Keanekaragaman dan Karakteristik Habitat Burung di Kawasan Ekosistem Mangrove Rigaih Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi)
Siti Syarifah, 140207183, FTK, PBL, 082361189601.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43MB) | Preview

Abstract

Kawasan ekosistem mangrove rigaih merupakan habitat bagi burung dan informasi seputar keanekaragaman dan karakteristik habitat burung di kawasan tersebut sangat minim. Penelitian ini dilakukan di kawasan ekosistem mangrove Rigaih Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran terkini seputar keanekaragaman burung dan karakteristik habitatnya. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada bulan Oktober – Desember 2020. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan membagi area mangrove kedalam 10 titik pengamatan. Pengumpulan data keanekaragaman burung dilakukan dengan menggunakan metode teknik titik hitung (Point Count) sedangkan untuk pengumpulan data karakteristik habitat dilakukan secara direct observation. Analisis data keanekaragaman burung menggunakan rumus Shannon-Wiener sedangkan untuk karakteristik habitat dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah spesies burung yang terdapat di kawasan ekosistem mangrove rigaih Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya sebanyak 34 spesies burung dari 11 ordo. Dari 11 ordo yang ditemukan terdapat 24 famili burung yang menghuni area mangrove. Karakteristik habitat Burung terdiri dari vegetasi mangrove yang tumbuh menjadi tempat burung bersarang dan dan mencari makanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai keanekaragaman Burung di kawasan ekosistem mangrove rigaih yaitu 2,80 (kategori sedang) dan karakteristik habitat burung terdiri dari mangrove sejati utama (mayor) yang terdiri dari Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, mangrove sejati tambahan (minor) terdiri dari Hibiscus tiliaceus, Ipomoea pes-caprae, Melastoma candidum, Morinda citrifolia, Pandanus odoratissimus dan mangrove ikutan (asosiasi) terdiri dari Terminalia catappa dan Thespesia populnea. pengukuran faktor fisik kimia dilakukan selama penelitian yaitu kelembaban udara berkisar 60-75% sedangkan pada suhu berkisar 26˚C-32˚C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Syarifah
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:38
Last Modified: 24 Nov 2021 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item
View Item