Efektivitas Penggunaan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar

Nur Fazilah, 140207083 (2021) Efektivitas Penggunaan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Penggunaan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar)
Nur Fazilah, 140207083, FTK, PBL, 081362799528.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Cot Glie pada materi sistem pencernaan makanan salah satunya disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa masih kurang berpartisipasi, kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model role playing pada materi sistem pencernaan di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar. Rancangan penelitian yaitu pre-eksperimen dengan One Group Pre-test Post-test Design. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran soal tes untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data efektivitas menggunakan rumus persentase. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan model role playing di SMAN 1 Kuta Cot Glie pada materi sistem pencernaan sebesar 77 % termasuk dalam kategori efektif, sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata pre-test 25,03 sedangkan nilai rata- rata post-test 85, 33 sehingga diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel, dengan nilai thitung = 2,00660 serta ttabel = 1,70562. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan model role playing dapat meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan kelas XI- IA di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Efektivitas, Hasil Belajar, SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Fazilah Nur
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:37
Last Modified: 24 Nov 2021 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18865

Actions (login required)

View Item
View Item