Evaluasi Kualitas Mata Air Gua Lawe Sikap Sebagai Sumber Air Baku PDAM Tirta Agara Kutacane

Ramadhoni, 160702074 (2021) Evaluasi Kualitas Mata Air Gua Lawe Sikap Sebagai Sumber Air Baku PDAM Tirta Agara Kutacane. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Kualitas Mata Air Gua Lawe Sikap Sebagai Sumber Air Baku PDAM Tirta Agara Kutacane]
Preview
Text (Evaluasi Kualitas Mata Air Gua Lawe Sikap Sebagai Sumber Air Baku PDAM Tirta Agara Kutacane)
Ramadhoni, 160702074, FST, TL, 082277811508.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

PDAM Tirta Agara Kutacane melanyani kebutuhan air baku dari mata air gua lawe Sikap. Permasalahan yang terjadi pada IPA PDAM Tirta Agara Kutacane adalah kurangnya debit mata air gua lawe sikap sebagai sumber air baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air produksi PDAM Tirta Agara Kutacane Terhadap Standar Baku PERMENKES No. 492 Tahun 2010. Mengetahui kualitas produksi dan kelanyakan mata air lawe sikap sebagai sumber air baku mengacu pada PP No.22 Tahun 2021. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan antara kualitas air baku antara air produksi untuk mendapatkan efektifitas penyisihan yang ada di PDAM Tirta Agara, dari hasil penelitian dilakukan bahwa airnya aman dan bisa digunakan sebagai sumber air baku. Menggambarkan mengenai kondisi estensing di lapangan, Parameter yang di uji adalah parameter fisika (Suhu, Kekeruhan, dan pH) telah memenuhi baku mutu, parameter kimia (Kesadahan, Nitrit, dan Zat Organik) telah memenuhi baku mutu, kecuali nitrit yang melebihi baku mutu. Sedangkan di parameter biologi terdapat bakteri (E. Coli, dan Total colifrorm) yang melebihi baku mutu. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: pH meter, termometer, turbidity, spektrofotometer Uv-vis dan metode titimetri. Di dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan membandingkan antara data air baku dengan air produksi. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kondisi mata air telah memenuhi standar dan penyisihan yang dilakukan dalam pengolahan air. Kualitas mata air gua lawe sikap telah memenuhi standar baku mutu untuk air baku, Hasil dari pengolahan air di PDAM Tirta Agara Kutacane belum memenuhi standar baku mutu terdapat mikroorganisme di dalam air dan belum optimalnnya dalam proses pengolahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya > 363.7 Masalah lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ramadhoni Dhoni
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:06
Last Modified: 24 Nov 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18869

Actions (login required)

View Item
View Item