Upaya Guru dalam Mengatasi Dampak Negatif Belajar Daring di MAN 1 Aceh Besar

Maulida Sari, 160201117 (2021) Upaya Guru dalam Mengatasi Dampak Negatif Belajar Daring di MAN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru dalam Mengatasi Dampak  Negatif Belajar Daring di MAN 1 Aceh Besar]
Preview
Text (Upaya Guru dalam Mengatasi Dampak Negatif Belajar Daring di MAN 1 Aceh Besar)
Maulida Sari, 160201117, FTK. PAI, 085371805051.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring yang diterapkan di MAN 1 Aceh Besar menunjukan adanya permasalahan terhadap peserta didik yaitu kurangnya minat belajar, mengabaikan tugas, kurangnya pemahaman terhadap materi, dan perubahan karakter yang terjadi pada peserta didik. Daring menjadi persoalan besar dan menimbulkan banyak dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Peneliti ingin melihat dari sisi dampak negatifnya saja dengan rumusan masalah 1) Bagaimana upaya guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi dampak negatif belajar daring di MAN 1 Aceh Besar. 2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran daring yang dilaksanakan guru aqidah akhlak di MAN 1 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan taknik analisis diskriptif, analisis data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak untuk mengatasi dampak negatif belajar daring dengan memberi motivasi maupun nasehat yang berkaitan dengan akhlak dan memanfaatkan beberapa jenis aplikasi. Faktor penghambat pembelajaran daring yaitu kesulitan dalam mengakses jaringan, keterbatasan kouta, ketiadaan smartphone, dan kesulitan dalam membentuk karakter peserta didik. Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, membagikan kuota dan menyediakan lab komputer disekolah. Data yang diperoleh dari penyebaran angket 69.5% peserta didik menjawab setuju dan sangat setuju, 30.5% menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju mengenai pernyataan dampak negatif pembelajaran daring. Kesimpulannya pembelajaran daring menimbulkan banyak dampak negatif dan upaya yang dilakukan guru terhitung maksimal sesuai kadar yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Sari Maulida
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:20
Last Modified: 24 Nov 2021 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item
View Item