Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh

Dara Farhaini, 291324956 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Penelitian Tindakan Kelas]
Preview
Text (Mengenai tentang Penelitian Tindakan Kelas)
PDF SKRIPSI GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya minat dan motivasi siswa serta model pembelajaran yang belum diterapkan secara baik untuk meningkatkan hasil belajar. Rendahnya hasil belajar kimia khususnya pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan karena materi ini dianggap sulit, siswa tidak mampu memahami konsep dasar dan juga perlu analisa yang baik untuk menyelesaikan masalah. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Aktivitas siswa (2). Aktivitas guru (3). Hasil belajar siswa (4). Respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 9 Banda Aceh dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Persentase akativitas guru pada siklus I (78,84%), pada siklus II (82,69%), dan pada siklus III (88,46%). (2). Persentase akativitas siswa pada siklus I (79,16%), pada siklus II (81,16%), dan pada siklus III (79,16%). (3). Hasil belajar siswa mengalami peningkataan yaitu pada siklus I (66,6), pada sikus II adalah 73,7, dan siklus III adalah 75,18. Ketuntasan klasikal pada siklus I (62,96%), pada siklus II (77,77%), dan pada siklus III (88,88%). (4). Respon siswa menyatakan tertarik dengan presentase sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada meteri kelarutan dan hasil kali kelarutan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPA 1 di SMA Negeri 9 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.H.Ramli Abdullah, M.Pd; 2. Sabarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Jiqsaw, Hasil belajar, Kelarutan dan hasilkali kelarutan, PTK
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Dara Farhaini
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:18
Last Modified: 22 Mar 2018 08:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item
View Item