Pengaruh Penerapan Prinsip Tauhid, Keadilan, Kebebasan, Amanah dan Kejujuran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Pelaku UMKM

Raudhatul Hayat, 170602018 (2021) Pengaruh Penerapan Prinsip Tauhid, Keadilan, Kebebasan, Amanah dan Kejujuran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Pelaku UMKM. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Prinsip Tauhid, Keadilan,  Kebebasan, Amanah  Dan Kejujuran]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Prinsip Tauhid, Keadilan, Kebebasan, Amanah Dan Kejujuran)
Raudhatul Hayat, 170602018, FEBI, ES, 082275588984.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Prinsip-prinsip islam yang diterapkan dalam bisnis harus sesuai nilai-nilai islam dan berpedoman pada Al-Qur’an dan hadis dalam menjalankan bisnis yang baik, sehingga akan menghasilkan peningkatan jumlah konsumen dan secara otomatis bisnis yang dijalankan akan semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan prinsip tauhid, keadilan, kebebasan, amanah dan kebebasan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang pernah mengunjungi socolatte dengan menggunakan Teknik non probability sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan structural equestion modelling (SEM) partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa (1) prinsip tauhid berpengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Koefisien parameter jalur sebesar 0.514 dengan nilai T-statistik 3.601 > 2.625 pada taraf signifikan = 10%. (2) prinsip keadilan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Koefisien parameter jalur sebesar -0.044 dengan nilai T-statistik 0.321 < 2.625 pada taraf signifikan = 10%. (3) prinsip kebebasan tidak terdapat pengaruh yang signifikan prinsip kebebasan terhadap minat beli. Koefisien parameter jalur sebesar 0.034 dengan nilai T-statistik 0.298 < 2.625 pada taraf signifikan = 10%. (4) prinsip amanah tidak berpengaruh yang signifikan prinsip kebebasan terhadap minat beli. Koefisien parameter jalur sebesar -0.122 dengan nilai T-statistik 0.819 < 2.625 pada taraf signifikan = 10%. (5) prinsip kejujuran tidak berpengaruh yang signifikan prinsip kebebasan terhadap minat beli. Koefisien parameter jalur sebesar 0.073 dengan nilai T-statistik 0.425 < 2.625 pada taraf signifikan = 10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Raudhatul Hayat Raudha
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:49
Last Modified: 25 Nov 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item
View Item