Pengembangan Objek Wisata Museum Tsunami Aceh Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Tiara Afwanda, 170802143 (2021) Pengembangan Objek Wisata Museum Tsunami Aceh Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Objek Wisata Museum Tsunami Aceh Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)]
Preview
Text (Pengembangan Objek Wisata Museum Tsunami Aceh Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD))
Tiara Afwanda, 170802143, FISIP, IAN, 081210360047.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) salah satunya ditentukan oleh faktor keberadaan objek wisata seperti objek wisata Museum Tsunami Aceh. Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah pengunjung baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Namun, upaya peningkatan PAD melalui objek objek wisata ini tentu harus diimbangi dengan pengembangan objek wisata Museum Tsunami Aceh itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan objek wisata Museum Tsunami Aceh dan strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengembangan objek wisata Museum Tsunami Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Informan penelitian ini terdiri pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan Pengurus Museum Tsunami Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengembangan objek wisata Museum Tsunami Aceh dilakukan dengan beberapa cara yaitu mengadakan promosi Museum Tsunami Aceh dengan memanfaatkan media massa, online dan media cetak. Memudahkan aksesibilitas Museum Tsunami Aceh, menjadikan Museum Tsunami Aceh sebagai kawasan parawisata yang bernilai edukasi dan histori menyediakan fasilitas pendukung pelayanan yang lengkap, meningkatkan SDM pengelola melalui pendidikan dan pelatihan serta menyampaikan informasi yang akurat sebagai daya tarik wisata. Strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengembangan objek wisata Museum Tsunami Aceh dilakukan dengan meningkatkan kerja sama dengan pihak pemerintah dan masyarakat, meningkatkan daya tarik pengunjung baik daerah, nasional maupun manca negara, melengkapi berbagai sarana dan prasarana untuk wisatawan yang berkunjung ke Museum Tsunami Aceh, meningkatkan mutu pengelolaan Museum Tsunami Aceh serta aktif dalam perencanaan pengembangan program setiap adanya kegiatan yang berhubungan dengan upaya peningkatan PAD. Kesimpulan penelitian ialah pengembangan objek wisata Museum Tsunami Aceh berkontribusi dalam peningkatan PAD Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
900 Geography and History > 910 Geography and Travel (Geografi dan Perjalanan, Pariwisata)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Tiara Afwanda Tiara
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:04
Last Modified: 26 Nov 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18905

Actions (login required)

View Item
View Item