Analisis Faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja dalam Perspektif Ekonomi Islam (studi di desa Reuilui Mangat kecamatan Jangka Buya kabupaten Pidie Jaya)

Zahra, 170602176 (2021) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja dalam Perspektif Ekonomi Islam (studi di desa Reuilui Mangat kecamatan Jangka Buya kabupaten Pidie Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja dalam Perspektif Ekonomi Islam]
Preview
Text (Analisis Faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja dalam Perspektif Ekonomi Islam)
Zahra, 170602176, FEBI, ES, 082368051005.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Jumlah pengangguran yang semakin hari semakin meningkat menjadi permasalahan yang harus diselesaikan oleh pemerintah, terutama daerah-daerah yang jauh dari perkotaan dengan jumlah tenaga kerja yang sangat banyak dan jumlah lowongan kerja yang sangat sedikit menjadi suatu permasalahan yang sangat serius, sehingga penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor utama yang menyebabkan seseorang menjadi pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pendidikan, kemampuan, dan usia terhadap lama mencari kerja dalam perspektif ekonomi Islam. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan kuisoner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendidikan, kemampuan, dan usia berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap lama mencari kerja di desa Reului Mangat. Pendidikan dan kemampuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap lama mencari kerja sedangkan usia secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja di desa Reului Mangat, dari hasil penelitian ini direkomendasi agar penelitian selanjutanya bisa meneliti variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Untuk pemerintah desa Reului Manngat agar dapat menambah lapangan bekerjaan dan tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahra Zahra
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:08
Last Modified: 26 Nov 2021 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18907

Actions (login required)

View Item
View Item