Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Website Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Mila Pidie

Ika Safitri, 150207066 (2021) Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Website Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Mila Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Website Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Mila Pidie] Text (Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Website Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Mila Pidie)
Ika Safitri, 150207066, FTK, PBL, 082277120122.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar untuk peserta didik dalam pembelajaran IPA Biologi saat ini masih rendah, sehingga berdampak pada keaktivan dan nilai yang diperoleh peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup yang tidak mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah bahan ajar e-magazine berbasis website, dimana bahan ajar ini dapat mempermudah peserta didik dalam proses belajar mandiri, menguji kelayakan dan menjabarkan respon guru terhadap bahan ajar e-magazine berbasis website pada materi Klasifikai Makhluk Hidup di SMPN 1 Mila Pidie. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D (four-D model) yaitu melalui tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan) dan tahap dissemination (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan dua dosen validasi ahli media, dua dosen ahli materi, dua dosen ahli bahasa dan angket. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan e-magazine berbasis website yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian dari dua orang dosen ahli media diperoleh nilai rata-rata 93% dalam kategori sangat layak, penilaian dari dua ahli materi diperoleh nilai rata-rata 93% dengan kategori sangat layak, penilaian dari ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 80% dalam kategori layak, dan hasil respon dari guru diperoleh nilai dengan total persentase yaitu 94% dalam kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-magazine berbasis website pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup sangat layak digunakan sebagai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Safitri
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:06
Last Modified: 29 Nov 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item
View Item