Efektivitas Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Mencegah Perceraian Studi di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya

Furqan, 160101094 (2021) Efektivitas Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Mencegah Perceraian Studi di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Badan Penasihatan Pembinaan dan  Pelestarian Perkawinan (BP4)]
Preview
Text (Efektivitas Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4))
Furqan, 160101094, FSH, HK, 082276240769.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) merupakan organisasi yang dibebankan sebagian tugas Kementerian Agama dalam mewujudkan keluarga yang bahagia, serta menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor. 30 Tahun 1977 tentang penegasan dan pengakuan terhadap lembaga BP4 yang menyebutkan bahwa BP4 satu-satunya badan yang bertugas menunjang sebagian tugas Kemenerian Agama, dalam hal ini Ditjen Bimas Islam dan Urusan Haji dalam bidang penasihatan perkawinan, perselisihan dan perceraian. Adapun pertanyaan dalam skripsi adalah Langkah-langkah Kantor Urusan Agama BP4 Kecamatan Trienggadeng dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat dan bagaimana efektivitas BP4 dalam mencegah perceraian di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Fieald Research) dan metode penelitian perpustakaan (Library Research) dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) telah melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah, dengan tujuan BP4 Kecamatan Trienggadeng ingin mencegah terjadinya perceraian. Maka berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kecamatan Trienggadeng masih kurang efektif, hal ini karena tingkat kepercayaan masyarakat terhadap BP4 menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Furqan Furqan
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:10
Last Modified: 02 Dec 2021 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18942

Actions (login required)

View Item
View Item