Peningkatan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Role Playing di MAN 4 Aceh Besar

Hasrizal, 160213051 (2021) Peningkatan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Role Playing di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Role Playing di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Peningkatan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Role Playing di MAN 4 Aceh Besar)
Hasrizal, 160213051, FTK, BK, 085276719091.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal yang berbentuk tatap muka, interaksi orang ke orang, verbal dan non-verbal, serta saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil. Proses pertukaran informasi di antara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat lansgsung diketahui balikannya (komunikasi langsung). Komunikasi interpersonal yang dialami oleh peserta didik masih sulit untuk ditingkatkan seperti belum bisa terbuka, bergaul dengan teman atau masyarakat, masih gugup ketika berbicara di depan orang ramai, gemetaran, dan cenderung introvert. Tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui apakah teknik role playing dapat meningkatakan komunikasi intrerpersonal siswa di MAN 4 Aceh Besar sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok melalui teknik role playing. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 22 dan X IIS dengan jumlah siswa 27 dengan komunikasi interpersonal tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 8 peserta didik Sampel dipilih melalui purposive sampling dengan pengkategorian peserta didik yang memiliki tingkat komunikasi interpersonal rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental (pra-eksperimen) dengan desain One Group Pre-test-Post-test-Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan konseling kelompok memiliki signifikan terhadap komunikasi interpersonal peserta didik, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest 590 menjadi posttest 1019. Artinya terjadi peningkatan pada komunikasi interpersonal peserta didik setelah memperoleh konseling kelompok melalui teknik role playing. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan konseling kelompok melalui teknik role playing dapat meningkatkan komunikasi interpersonal pada peserta didik MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Fakhri, M. Ed Pembimbing II : Nuzliah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interersonal, Role Playing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Hasrizal Hasrizal
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:13
Last Modified: 01 Dec 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18943

Actions (login required)

View Item
View Item