Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepribadian Sosial Siswa di SMA Negeri 3 Seunagan

Mohammad Syafiq Mugni, 160213002 (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepribadian Sosial Siswa di SMA Negeri 3 Seunagan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepribadian Sosial Siswa  di SMA Negeri 3 Seunagan]
Preview
Text (Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepribadian Sosial Siswa di SMA Negeri 3 Seunagan)
Mohammad Syafiq Mugni, 160213002, FTK, BK, 085275137295.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Remaja cenderung berinteraksi dengan teman sebaya atau teman kelompok sosialnya. Individu yang memiliki kepribadian sosial yang baik dapat menyesuaikan diri dan mudah diterima dalam kelompok sosialnya. Sebaliknya, individu yang memiliki kepribadian sosial rendah menyebabkan terjadinya penolakan kelompok sosial, sulit menyesuaikan diri dan jarang diterima dalam kelompok. Penelitian dengan judul upaya meningkatkan kemampuan kepribadian sosial siswa di SMA Negeri 3 Seunagan memiliki rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan pribadi sosial siswa di SMA Negeri 3 Seunagan. 2) Bagaimana upaya meningkatkan kepribadian sosial melalui bimbingan kelompok di SMA Negeri 3 Seunagan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran guru BK dalam meningkatkan pribadi sosial siswa di SMA Negeri 3 Seunagan. 2) Untuk mengetahui upaya meningkatan kepribadian sosial dengan bimbingan kelompok di SMA Negeri 3 Seunagan. Penelitian menggunakan metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan trianggulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Jumlah sampel penelitian adalah 9 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Guru BK berperan aktif dalam kegiatan BK termasuk kegiatan meningkatkan pribadi sosial siswa, peran Guru BK dalam meningkatkan kepribadian sosial dengan melaksanakan konseling individu dan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa. 2) Terjadi peningkatan kepribadian sosial siswa melalui bimbingan kelompok. Kesimpulan yaitu bimbingan konseling kelompok dapat meningkatkan kepribadian sosial siswa di SMA Negeri 3 Seunagan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Masbur S. Ag.,M. Ag Pembimbing II : Nuzliah M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kepribadian sosial, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mohammad Syafiq Mugni
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:00
Last Modified: 02 Dec 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

View Item
View Item