Penerapan Model Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas IV MIN 19 Aceh Selatan

Muhammad Munzir, 150209031 (2021) Penerapan Model Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas IV MIN 19 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Gallery Walk]
Preview
Text (Penerapan Model Gallery Walk)
Muhammad Munzir, 150209031, FTK, PGMI, 085213896184.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran PPKn disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan model belajar dan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa serta seberapa signifikan pengingkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model gallery walk dalam pembelajaran PPKn di kelas IV MIN 19 Aceh Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa serta mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model gallery walk dalam pembelajaran PPKn di kelas IV MIN 19 Aceh Selatan. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model gallery walk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 19. Hal ini dibuktikan dengan nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 79,54% sedangkan siklus II sebesar 85,86%. Adapun nilai aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai sebesar 81,81% , sedangkan siklus II memperoleh nilai sebesar 95,45%. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,42%, sedangkan siklus II sebesar 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas IV MIN 19 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Al Juhra, S.Sos.I, M.S.I 2. Sri Mutia, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: 150209031@student.ar-raniry.ac.id
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Munzir
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:02
Last Modified: 02 Dec 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18962

Actions (login required)

View Item
View Item