Nuriza Susanti, 160205055 (2021) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Inquiry Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Samadua. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Nuriza Susanti, 160205055, FTK, PMA, 082274711313.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan pada kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman siding matematis siswa di SMAN1Samadua masih tergolong rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis, diantaranya penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model Inquiry dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Samadua tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model Inquiry pada kelas XI SMA Negeri 1 Samadua diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi program linear yang diajarkan menggunakan model Inquiry lebih baik dari pada siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. H. Nuralam, M.Pd. Pembimbing 2 : Kamarullah, S.Ag., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan PemahamanKonsepMatematis, Model Inquiry |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nuriza Susanti |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 03:18 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 03:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18964 |